Resep Kue Nastar Nanas Lembut 3 Bentuk Sederhana

Resep Kue Nastar Nanas Lembut : Kue nastar merupakan salah satu jenis kue kering klasik sebagai ciri khas menu spesial hari raya lebaran idul fitri dan idul adha, maupun natal hingga tahun baru. Terdapat bermacam kreasi resep dan cara untuk membuat adonan kue nastar nanas yang enak dan lembut serta lumer di mulut, begitu juga dengan aneka bentuk yang sering kita temui dari yang sangat simpel hingga yang unik.
Resep Kue Nastar Lembut
Kue Nastar Gulung
Beberapa bentuk nastar dapat dibuat dengan cara mudah dan sederhana agar tampilan kue nastar tak hanya selalu berbentuk bulat. Kita bisa memulainya dengan 3 contoh bentuk kue nastar yang simpel berikut ini, bahkan masih banyak kreasi yang bisa anda ciptakan walau mungkin tanpa menggunakan cetakan sekalipun.

Resep Dasar Kue Nastar

Dengan adonan dasar kue nastar nanas sederhana yang enak dan lembut, kita bisa variasikan dengan beberapa macam bentuk kue nastar yang sangat mudah dibuat sendiri meski bagi pemula. Meski sama rasa namun tampak cantik dan tampil beragam saat disandingkan bersama di meja tamu.

Bahan isi selai nanas :

  • 4 buah nanas ukuran sedang, parut halus
  • 3 butir cengkeh
  • 4 cm kayu manis
  • 150 gram gula pasir

Bahan adonan kue nastar :

  • 750 gram tepung terigu segitiga
  • 500 gram margarin (blue band)
  • 75 gram butter atau mentega (wijsman)
  • 200 gram gula halus
  • 50 gram susu bubuk
  • 1 sachet vanili bubuk
  • 6 kuning telur
  • 2 kuning telur, kocok lepas untuk olesan
  • secukupnya cengkeh untuk topping

Resep Cara Membuat Kue Nastar

  1. Kupas kulit dan buang mata nanas, cuci bersih lalu parut halus. Selanjutnya panaskan wajan di atas api kecil (anti lengket kalau ada), tuang semua bahan selai lalu aduk-aduk terus hingga mengental dan kering, matikan api.
  2. Kocok kuning telur, butter dan gula halus dengan mixer cukup hingga tercampur rata atau jangan terlalu lama, matikan mixer. Setelah itu masukkan terigu, susu bubuk dan vanili lalu aduk rata dengan spatula, kemudian uleni sebentar dengan tangan agar adonan benar-benar rata dan kalis sehingga bisa dibentuk.
  3. Adonan nastar sudah bisa dibentuk sesuai selera, bisa secara manual maupun menggunakan cetakan namun jangan lupa memberi isi selai nanas sebagai ciri khasnya.
  4. Tata adonan nastar yang sudah dibentuk ke dalam loyang yang sebelumnya sudah diolesi dengan margarin serta ditaburi dengan sedikit tepung terigu secara merata. Olesi kue nastar dengan kuning telur, selanjutnya panggang hingga matang dalam oven yang sudah benar-benar dipanaskan sebelumnya.
  5. Pakai oven listrik selama 20 menit dengan suhu 160°C panas atas bawah, atau sesuaikan dengan karakteristik oven masing-masing.

Kue Nastar Gulung (gambar di atas) :

Nastar gulung juga bisa dibentuk secara manual namun membutuhkan ketelatenan dan waktu yang lama, sebaiknya gunakan cetakan. Ambil adonan secukupnya lalu masukkan ke dalam cetakan khusus agar menjadi bentuk panjang dan bergaris. Potong-potong adonan sekitar 7 cm, beri sedikit isi selai nanas kemudian gulung.
Cara Membuat Kue Nastar Nanas Lembut
Kue Nastar Jambu

Kue Nastar Jambu :

Ambil secukupnya adonan dan bulatkan, lalu pipihkan dan beri isi sedikit selai nanas. Bulatkan kembali dan bentuk menyerupai jambu serta tusukkan sebutir cengkeh di atasnya.
Resep Kue Nastar
Kue Nastar Kuncup

Kue Nastar Kuncup Bunga :

Bulatkan adonan secukupnya lalu beri guratan agar berbentuk kuncup bunga, bisa dengan menggunakan sisi garpu ataupun sendok.
Thanks for like n share :

Subscribe to receive free email updates: