Resep Roti Manis Isi Aneka Bentuk Lembut Ekonomis

Resep Roti Manis Isi Aneka Bentuk Lembut Ekonomis
Roti isi abon, isi coklat dan keju maupun roti manis isi sosis hingga aneka isi lainnya, tentunya bisa dengan mudah kita bikin sendiri di rumah tanpa takut gagal. Resep membuat roti manis aneka rasa dan aneka bentuk yang juga memiliki tektur yang empuk berserat lembut ini, hanya menggunakan bahan adonan dasar roti yang sederhana dan ekonomis.
Resep Roti Manis Isi
Agar benar-benar sukses, sehingga roti tidak bantat bahkan empuk dan lembut mengembang, maka akan dipandu penjelasan langkah pembuatan yang disertai dengan gambar yang lengkap. Resep homemade roti manis tanpa bread improver yang begitu mudah dipraktekkan di rumah, sehingga sangat akrab bagi pemula.

Bahan Adonan Roti Manis

  • 250 gram tepung terigu cakra (protein tinggi)
  • 10 gram susu bubuk
  • 50 gram gula pasir
  • 1 butir telur, pisahkan kuning dan putihnya
  • 30 gram margarin
  • 1/2 sdt garam
  • 4 gram fermipan (ragi instant)
  • 120 ml air hangat
  • Bahan isi : kaju cheddar, abon, sosis, coklat meises, dll

Cara membuat Roti Manis Isi

Bahan Roti Manis
1. Siapkan sebuah wadah, campurkan tepung terigu, susu bubuk, kuning telur, fermipan dan air hangat. Uleni dengan tangan hingga kalis dan tercampur rata selama 10 menit.
2. Berikutnya tuangkan gula pasir, uleni lagi selama 10 menit hingga rata.
Adonan Dasar Roti Manis
3. Masukkan garam dan margarin, uleni kembali selama 10 menit dan adonan tercampur rata. Kemudian pindahkan adonan ke dalam wadah yang baru yang sudah diolesi minyak tipis.
4. Selanjutnya tutup rapat dengan plastik wrap atau kain serbet. Biarkan atau diamkan adonan selama 60 menit sehingga adonan mengembang sekitar dua kali lipat dari semula.
Cara Membuat Roti Manis Aneka Isi
5. Setelah 60 menit, kempiskan adonan dengan kepalan tangan atau tinju dan tekan agar udaranya keluar.
6. Bagi adonan menjadi beberapa bagian seberat 50 gram, lalu adonan siap untuk dibentuk serta isi sesuai selera.

Cara Membentuk Roti Manis

Sebelum memasuki tahap memanggang roti, di bawah ini ada beberapa cara mudah membentuk roti agar terlihat lebih unik dan cantik.

A. Bentuk Roti Isi Sosis :
Bentuk Roti Isi Sosis
B. Bentuk Roti Manis Isi Sosis 2 :
Cara Bikin Roti Manis Isi Sosis
C. Bentuk Roti Manis Isi Sosis 3 :
Cara Membentuk Roti Manis Isi Sosis 3
D. Bentuk Roti Manis Isi Abon :
Cara Membuat Roti Manis Isi Abon
E. Roti isi Abon 2 :
Roti Isi Abon
F. Roti Manis Isi Coklat & Keju :
Resep Roti Isi Coklat Keju
Demikian beberapa cara membentuk roti, tentu sangat mudah bukan untuk dipraktekkan. Memang cukup panjang juga proses fermentasinya, bahkan sebelum dipangggang diistirahatkan lagi minimal 45 menit. Akan tetapi cara ini dapat menjawab keraguan kita untuk membuat roti manis dengan tekstur yang empuk dan lembut. Silahkan masuk tahap berikutnya di bawah ini.
Aneka Bentuk Roti
7. Setelah adonan dibentuk kemudian diamkan lagi minimal selama 45 menit, lalu jangan lupa olesi dengan putih telur. Panaskan dahulu ovennya sekitar 15 menit dengan suhu 190°C api atas bawah, selanjutnya masukkan loyang dalam oven dan panggang selama 15 menit hingga roti matang.
Roti Isi
8. Setelah matang, keluarkan dari oven lalu olesi tipis dengan margarin supaya warna roti manis isi aneka bentuk menjadi lebih mengkilap dan tampil menarik.
Thanks for like n share :

Subscribe to receive free email updates: