Resep Tape Singkong Goreng Kue Bola Bola Empuk

Resep Tape Singkong Goreng Kue Bola Bola
Peuyeum ball atau resep tape singkong goreng tepung berbentuk kue bola-bola tape, enak tanpa isi karena empuk bagian dalam serta renyah di kulit luar. Keju parut sebagai toppingnya, atau taburan gula halus jika suka variasi rasa manis, bisa kita bikin dengan cara mudah untuk melengkapi menu cemilan sederhana praktis di rumah.

Meski sudah cukup enak tanpa isi, sebenarnya cara mudah membuat tape singkong goreng ini dapat kita kreasikan dengan aneka isi, seperti coklat, meises, keju atau mungkin yang lainnya untuk menambah sensasi cita rasanya.

Tapai atau tape singkong yang juga disebut peuyeum bagi orang Sunda, memiliki khas rasa bahkan tekstur yang berbeda-beda tergantung pembuatnya. Peyeum Bandung terkenal dengan tekstur yang lembut dan rasaya yang manis, oleh karenanya takaran gula pasir tinggal kita atur sesuai selera.

Resep Tape Singkong Goreng

  • 500 gram tape singkong (peuyeum bandung)
  • 200 gram tepung terigu
  • 2 sdm gula pasir
  • ½ sdt garam
  • 100 ml susu cair
  • ½ sdt vanili
  • keju cheddar diparut atau gula halus untuk topping
  • minyak untuk menggoreng
Cara Membuat Tape Singkong Goreng
Cemilan enak lainnya, lihat Resep Oreo Goreng

Cara Membuat Tape Singkong Goreng

  1. Haluskan tape singkong menggunakan tangan, pakai sarung tangan plastik biar lebih higienis.
  2. Campurkan tepung terigu, gula pasir dan garam, aduk rata kemudian tuang susu cair serta masukkan tape singkong, uleni adonan hingga kalis dan bisa dibentuk.
  3. Panaskan minyak, gunakan api kecil agar nanti hasilnya tidak gosong dan matang merata.
  4. Siapkan 2 buah sendok makan, ambil adonan sebanyak 1 sendok makan penuh, lalu bulat-bulatkan dengan bantuan 1 buah sendok makan lainnya secara bergantian (kalau mau bulat sempurna, bulatkan menggunakan tangan saja). Goreng dalam minyak yang sudah panas hingga matang kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan.
  5. Hidangkan dalam piring saji, taburi dengan parutan keju di atasnya atau guling-gulingkan pada gula halus.
Thanks for like n share :

Subscribe to receive free email updates: