Resep Bawang Goreng Renyah Tips Praktis Pakai dan Tanpa Tepung

Cara membuat bawang goreng yang renyahnya tahan lama bisa kita lakukan sendiri dengan resep bawang goreng tepung maupun tanpa tepung, prosesnya benar-benar mudah dan sederhana melalui petunjuk tips praktis menggoreng bawang yang kriuk crispy di bawah ini.

Bawang goreng yang tetap renyah, gurih, garing dan kering atau tidak berminyak tentunya bisa diandalkan untuk disimpan sebagai persediaan di rumah sehingga bisa digunakan sewaktu dibutuhkan, dengan syarat disimpan dalam wadah tertutup agar tidak melempem masuk angin. Selain itu, pemakaian bawang merah dengan kualitas yang bagus tentu saja lebih memiliki nilai yang lebih tinggi untuk dijual.

Bawang goreng yang renyah crispy sering menjadi taburan untuk menghiasi masakan nusantara sebagai pelezat cita rasa. Bawang merah, bawang putih atau kombinasinya adalah jenis bawang yang biasa digunakan. Nah bagi yang ingin membuat bawang merah goreng yang renyah sendiri di rumah, berikut ini adalah cara yang bisa anda praktekkan dengan mudah bahkan bagi seorang pemula sekalipun.

1. Bawang Goreng Renyah Tanpa Tepung

Saya pribadi lebih menyukai bawang merah goreng tanpa tepung ini, renyah kriuk yang memberikan sensasi cita rasa khas bawang goreng yang lebih berasa. Tentu ada tips dan trik cara menggoreng bawang supaya tidak hancur maupun gosong namum bisa matang merata saat digoreng, perhatikan bahan dan langkah-langkahnya berikut ini.
Cara Membuat Bawang Goreng Renyah Gurih

Bahan dan bumbu :

  • 250 gram bawang merah
  • 1 sendok teh garam
  • 200 ml air
  • 1 liter minyak goreng

Cara Membuat Bawang Goreng Tanpa Tepung :

  1. Kupas kulit bawang merah dan cuci bersih, iris tipis secara manual dengan pisau dapur atau dengan alat pengiris bawang untuk ketebalan yang merata.
  2. Rendam irisan bawang ke dalam larutan garam yang dicampur dengan 200 ml air selama 20 menit. Tiriskan dan buang air rendamannya.
  3. Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan menggunakan api kecil saja supaya nanti bawangnya tidak cepat gosong dan bisa matang merata. Tester terlebih dahulu apabila dimasukkan seiris bawang akan langsung mengapung berarti tandanya sudah cukup panas.
  4. Masukkan semua irisan bawang, diamkan sebentar lalu aduk sesekali atau jangan terlalu sering diaduk supaya bawang tidak hancur karena teksturnya masih basah.
  5. Setelah bawang berubah warna dan teksturnya sudah mulai mengeras, maka harus cukup sering diaduk supaya tidak mudah gosong dan matang merata hingga berwarna kuning (jangan tunggu sampai berwarna kecoklatan) lalu matikan api. Setelah kompor dimatikan, tetap aduk terus sampai garing dan matang merata serta berwarna kecoklatan.
  6. Angkat dan tiriskan bawang dari minyak, tiriskan hingga benar-benar kering atau bisa diletakkan ke dalam wadah yang dialasi dengan tisu agar minyaknya benar-benar menyerap dan menjadi kering. Simpan dalam toples atau wadah kedap udara apabila sudah dingin agar bawang goreng tetap renyah dan tidak melempem.

2. Bawang Goreng Tepung Renyah Kriuk Crispy

Variasi bawang goreng yang renyah kriuk dan crispy adalah penggunaan lapisan tepung pada proses pembuatannya. Berikut resep dan cara membuat bawang goreng lapis tepung renyah yang gurih.
Cara Membuat Bawang Goreng Tepung Crispy

Persiapan Bahan dan bumbu :

  • 250 gram bawang merah
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan tepung maizena
  • 1 liter minyak goreng

Cara Membuat Bawang Goreng Tepung :

  1. Kupas kulit bawang dan cuci bersih, iris tipis kemudian taburi dengan garam. Aduk rata lalu diamkan selama 15 menit. Taburi dengan tepung maizena, aduk rata dan diamkan lagi selama 15 menit.
  2. Panaskan minyak di atas api kecil, goreng hingga matang merata dengan proses penggorengan sama dengan cara membuat bawang goreng tanpa tepung yang pertama di atas.
Thanks for like n share :

Subscribe to receive free email updates: