Resep Bolu Kukus Pelangi Santan, Lembut Teksturnya Enak Rasanya

Bolu Kukus Pelangi
Kue bolu dengan warna-warni pada setiap lapis, begini tips dan resep membuat bolu kukus pelangi santan yang lembut teksturnya dan enak rasanya. Dengan cara sederhana dan bahan adonan yang ekonomis praktis, kita bisa membuat bolu kukus sendiri di rumah yang anti gagal karena bantat.
Resep Bolu Kukus Lembut
Tak semua memiliki kukusan yang besar, karena diameter kukusan yang sempit maka kita bisa menggunakan loyang-loyang kotak persegi yang berukuran mini, seperti pada cara mudah membuat bolu pelangi kukus lembut kali ini sehingga warna-warni disetiap loyangnya dapat lebih beragam.

Persiapan bahan bolu kukus rumahan beserta penjelasan tahapan pembuatannya yang disertai gambar tentu akan mempermudah bagi pemula, semoga lebih percaya diri deh untuk mencoba membuatnya.

Warna-warni pelangi juga bisa kita terapkan pada resep bolu kukus mekar yang juga dapat dengan mudah kita ikuti di rumah.

Bahan Adonan Kue Bolu Kukus :
  • 4 butir telur ayam
  • 125 gram tepung terigu
  • 150 gram gula pasir
  • ½ sdt baking powder
  • 1 sdm TBM (cake emulsifier)
  • ½ sdt garam
  • 1 bungkus kecil (65 ml) santan kara, beri 3 sdm air dan aduk rata
  • 1-2 tetes pewarna makanan untuk masing-masing warna (menurut selera atau seperti warna pelangi)
Cara Mudah Membuat Bolu Kukus Pelangi :
1. Tahapan pertama tentunya adalah mempersiapkan semua bahan adonan bolu kukus yang akan digunakan. Selanjutnya dalam sebuah wadah, kocok telur, gula pasir, dan TBM hingga mengembang kaku berwarna putih pucat dan berjejak seperti pada gambar di bawah ini.
Bahan Bolu Kukus
Gunakan mixer bertahap dari kecepatan rendah, sedang sampai speed tinggi, dengan total pengocokan dilakukan selama 15 menit.

2. Sebelumnya campur dan aduk rata tepung terigu dengan garam dan baking powder, kemudian ayak/saring sambil tuangkan sedikit demi sedikit ke dalam adonan lalu aduk rata pakai spatula, serta dilakukan secara bergantian dengan santan (tuang ayakan tepung, santan, tepung, santan dst. sampai habis).
Adonan Bolu Kukus
Aduk adonan menggunakan spatula hingga rata, setelah itu bagi adonan menjadi beberapa bagian dimana masing-masing adonan diberi warna menurut selera. Mengaduknya jangan terlalu lama, aduk pelan menggunakan sendok makan cukup hingga warna tercampur rata.

3. Tuang adonan dengan warna pertama ke dalam loyang atau cetakan yang sudah diolesi tipis minyak goreng, selanjutnya masukkan ke dalam kukusan yang sebelumnya sudah benar-benar panas. Jangan lupa tutup kukusan dialasi dengan kain serbet agar uap air tidak menetes dan merusak kue, lalu kukus selama 10 menit di atas api sedang.
Cara Membuat Bolu Kukus Pelangi
Setelah 10 menit, berikutnya tuang adonan bolu kukus warna lainnya di atasnya. Begitu seterusnya setiap 10 menit sekali tuang lapisan demi lapisan selanjutnya, sedangkan untuk adonan lapisan terakhir kukus selama 15 menit. Angkat loyang dari dalam kukusan dan biarkan dahulu supaya agak dingin, baru keluarkan dari loyang atau cetakan, kue bolu kukus pelangi nan lembut sudah siap untuk dipotong-potong lalu disajikan (gunakan pisau yang tajam ya biar hasilnya lebih rapih dan mulus).
Thanks for like n share :

Subscribe to receive free email updates: