RESEP KUE APEM BERAS KUKUS MEKAR

Resep Kue Apem Beras Kukus Mekar
Resep Kue Apem Kukus Mekar Tepung Beras - Kue yang empuk dan lembut ini adalah kue basah tradisional yang terbuat dari tepung beras sebagai bahan utamanya. Populer dengan sebutan kue apem, dan tak jarang pula disebut kue mangkok karena menggunakan mangkok sebagai cetakannya.

Adonan resep apem kukus mekar tanpa tape ini merupakan salah satu dari sekian banyak variasi dalam cara membuat kue apem enak sebagai kue jajanan pasar yang favorit. Kue apem beras kukus juga dapat lebih menarik dengan tampilan warna-warni atau bisa juga dibiarkan putih atau tanpa pewarna.

Untuk menghadirkan cemilan sederhana yang enak saat kumpul keluarga, kita bisa mencoba membuatnya sendiri dengan takaran resep untuk 17 mangkuk/cetakan kecil sesuai gambar. Kue apem juga biasa dihidangkan bersama kukusan kelapa parut setengah tua beserta sedikit garam, jika ingin menambah variasi rasa yang lebih gurih.
Cara Membuat Kue Apem Kukus
RESEP APEM BERAS KUKUS MEKAR
  • 150 gram tepung beras
  • 30 gram tepung kanji/tapioka
  • 125 ml santan dari 200 gram kelapa parut
  • 150 ml air hangat
  • 100 gram gula pasir
  • 1/2 sdt ragi instan (fermipan)
  • 1/4 sdt garam
  • pewarna kue sesuai selera secukupnya
CARA MEMBUAT KUE APEM BERAS KUKUS MEKAR
  1. Langkah awal, larutkan ragi dengan air hangat, sisihkan. Sedangkan santan direbus bersama dengan gula pasir, sambil terus diaduk-aduk hingga mendidih dan gula larut, lalu biarkan dingin.
  2. Siapkan wadah, campurkan tepung beras, tepung kanji, garam, dan larutan ragi. Aduk hingga rata serta uleni hingga adonan menjadi kalis. Tuang santan yang sudah dimasak tadi, aduk hingga rata lalu diamkan selama 60 menit. Bagi adonan menjadi 2 bagian, masing-masing beri pewarna sesuai selera dan aduk rata.
  3. Panaskan kukusan di atas api sedang, gunakan kain atau serbet untuk membalut tutupnya agar tidak air yang menetes. Sementara itu, rendam terlebih dahulu mangkuk/cetakan kue apemnya dalam air, selanjutnya tuang adonan ke cetakan tersebut hingga penuh.
  4. Tata cetakan dalam kukusan, tutup dan kukus selama 25 menit atau hingga matang. Angkat dan keluarkan kue dari cetakan lalu siap untuk disajikan.
Thanks for like n share :

Subscribe to receive free email updates: