RESEP CHURROS RENYAH SAUS COKLAT KENTAL

Cara Membuat Churros Saus Coklat Resep Mudah
Resep Churros Saus Coklat - Kue churros renyah dan empuk yang disajikan bersama saus coklat kental panas sebagai cocolannya, dapat menambah variasi sarapan atau cemilan yang enak dan gurih saat kumpul bersama keluarga. Churros dibuat dengan cara digoreng, merupakan makanan ringan yang populer di banyak daerah amerika latin hingga eropa serta sangat digemari di Indonesia.

Churros digoreng hingga menjadi renyah, sangat cocok dicocol dengan aneka variasi saus coklat panas, bahkan penyajiannya dapat juga ditaburi dengan gula atau topping lainnya. Churros umumnya memiliki ciri khas panjang bergerigi berbentuk seperti bintang karena adonan dicetak menggunakan kantong semprot dengan ujung berbentuk bintang.

Sedangkan variasi tampilannya juga bisa bermacam-macam, baik ketebalan maupun ukuran panjangnya, bisa lurus atau melengkung bahkan melingkar serta aneka bentuk lainnya, sesuaikan saja dengan kreatifitas masing-masing. Untuk menmabah refrensi, berikut adalah salah satu versi cara membuat churros mudah praktis berbentuk mini dengan adonan pastry yang sederhana.
Proses Pembuatan Churros
Persiapan Bahan Membuat Churros
  • 500 ml air
  • 25 gram gula pasir
  • 25 gram susu bubuk
  • 100 gram butter
  • 2 butir telur
  • 1/2 sdt garam
  • 300 gram tepung terigu protein sedang (segitiga biru)
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 150 gram dark coklat (coklat batangan)
  • 100 ml susu cair
  • gula halus untuk taburan (optional)
  • minyak untuk menggoreng secukupnya
Cara Membuat Churros Saus Coklat
  1. Siapkan panci, masukkan air, butter, garam, dan gula pasir, kemudian nyalakan api sedang dan tunggu hingga mendidih serta butternya mulai meleleh. Aduk-aduk hingga butter meleleh semuanya atau menyatu dengan air, lalu matikan api.
  2. Masukkan terigu, vanili dan susu bubuk, aduk hingga adonan tercampur rata. Selanjutnya nyalakan api kecil, terus diaduk sampai adonan kalis. Matikan api dan tunggu hingga adonan menjadi hangat. Masukkan telur, aduk hingga tercampur rata, maka adonan siap untuk dibentuk.
  3. Adonan churros bisa dibentuk terlebih dahulu dengan berbagai macam variasi bentuk, bahkan dapat disimpan terlebih dahulu dalam freezer sebelum digoreng. Bentuk adonan menggunakan spuit bintang dengan ukuran sesuai selera.
  4. Churros juga bisa langsung digoreng, panaskan minyak secukupnya, kemudian gunting adonan dari spuit bintang dengan panjang yang diinginkan di atas wajan. Goreng adonan hingga warnanya kuning keemasan, lalu angkat dan tiriskan. Taburi gula halus dan siap untuk disajikan bersama saus coklat untuk cocolannya.
  5. Cara membuat saus coklat, iris halus atau sisir coklat batang, lalu masukkan ke dalam mangkuk stainless atau tahan panas. Siapkan wajan berisi air secukupnya lalu didihkan, letakkan mangkuk berisi irisan coklat di atas air mendidih tersebut. Tunggu hingga coklat meleleh, lalu aduk-aduk hingga tidak ada yang menggumpal. Tuang susu cair dan aduk-aduk hingga merata, angkat dan siap untuk disajikan.
Thanks for like n share :

Subscribe to receive free email updates: