RESEP KENTANG BALADO MUSTOFA KERING KRIUK

Cara Membuat Kentang Balado Mustofa Kering Resep kriuk
Resep Kentang Balado Mustofa - Kering kentang tanpa kapur sirih merupakan tips dan trik serta cara mudah membuat sambal goreng kentang kering yang sangat renyah dan kriuk crispy saat dikunyah. Walaupun dengan bumbu-bumbu sederhana, tetapi dengan tekstur kering kentang mustofa yang garing dan renyah tahan lama, berpadu cita rasa pedas manis bisa menjadi hidangan favorit keluarga di Bandung, baik untuk cemilan keripik stik kentang atau sahabat nasi bahkan pelengkap menu makan pengganti kerupuk.

Resep membuat kering kentang mustofa yang renyah kriuknya awet dan tahan lama bisa dimulai dengan merendamnya dengan air garam, sebagai alternatif apabila tidak menggunakan air kapur sirih, karena juga dapat membantu proses keluarnya cairan (air) dari dalam kentang sehingga nantinya air rendaman akan berubah menjadi keruh kecoklatan. Jika tidak pakai air garam juga tidak mengapa, asalkan mencuci potongan/parutan kentang secara berulang hingga benar-benar bersih atau air bekas cucian kentang sudah menjadi jernih.

Selain mencuci kentang hingga bersih, tips selanjutnya adalah pemakaian racikan bumbu tanpa menggunakan air (jika pakai air untuk melarutkan asam jawa atau menghaluskan bumbu dengan blender, maka tumis dulu bumbu halus tanpa minyak dulu agar bumbu halus menjadi kering, baru kemudian menambahkan minyak untuk menumisnya), berikutnya perhatikan juga teknik menggoreng kentang, serta jangan lupa untuk terus melakukan proses pengadukan setelah dimatikan api kompor sampai wajan atau penggorengan sudah mulai dingin atau hangat kuku.

RESEP KENTANG BALADO MUSTOFA
Karena tips terpenting adalah pengadukan kentang mustofa dan bumbu sampai kering di penggorengan, maka kita bisa mengkreasikan bumbu-bumbu yang digunakan seperti bawang merah, kemiri, cabe rawit, daun bawang, lengkuas dan asam jawa (bumbu yang disebut sudah pernah dicoba, lihat updatenya di bawah) atau mungkin bumbu lainnya tergantung variasi rasa yang diinginkan. Adapun bumbu sederhana dan praktis bisa mengikuti resep di bawah ini.

Bahan dan bumbu :
  • 1 kg kentang
  • 1,5 sdt garam
  • 2 sdm gula pasir
  • 2 sdm minyak untuk menumis bumbu
  • 1 liter minyak atau secukupnya untuk menggoreng kentang
Haluskan :
  • 15 buah cabe merah dibuang biji
  • 8 siung bawang putih
CARA MEMBUAT KENTANG BALADO MUSTOFA :
  1. Kupas kulit kentang dan cuci bersih, potong-potong menggunakan alat pemotong kentang yang diserut atau potong manual bentuk korek api kemudian cuci bersih. Rendam dengan air secukupnya campur 1 sdt garam hingga kentang terendam, aduk-aduk rata lalu diamkan selama 30 menit untuk mengeluarkan getah kentang. (Jika tidak menggunakan air garam, cuci bersih kentang hingga air bekas cucian kentang telah jernih).
  2. Panaskan minyak yang banyak di atas api sedang. Setelah cukup panas ambil segenggam kentang dari rendaman tadi, sambil digoyang-goyang sedikit untuk meniriskan air lalu masukkan dalam penggorengan hingga kentang terendam minyak.
  3. Jangan diaduk-aduk saat kentang masih lembek agar tidak saling menempel dan mudah patah, biarkan kentang agak mengering di bagian bawah kemudian baru dibalik dan masak hingga bagian yang lain agak kering.
  4. Selanjutnya boleh sesekali diaduk sambil memisahkan kentang yang saling menempel, goreng hingga kering dan garing berwarna kuning keemasan. Angkat dan tiriskan lalu masukkan dalam wadah yang dialasi tisu atau kertas untuk membantu menyerap minyak. Lanjutkan menggoreng sisa kentang dengan cara yang sama sampai habis.
  5. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum, beri garam dan gula pasir lalu aduk-aduk hingga bumbu matang dengan api kecil agar bumbu tidak menggumpal.
  6. Masukkan kentang goreng sedikit demi sedikit sambil diaduk rata, setelah semua kentang sudah dimasukkan jangan berhenti diaduk-aduk sampai tercampur rata dan kering serta tidak ada bumbu yang menggumpal.
  7. Tips dan trik selanjutnya adalah matikan api kompor, tetapi kita masih terus harus mengaduk-aduknya hingga wajannya atau penggorengan sudah mulai tidak panas lagi sehingga kentang benar-benar renyah di wajan. Angkat dan siap untuk disajikan serta simpan dalam wadah kedap udara.
Update :
RESEP KERING KENTANG PEDAS
Karena menjadi menu kegemaran keluarga, variasi dan bumbu lainnya dalam cara membuat kentang mustofa yang renyah dan kriuk crispy bisa menggunakan resep pedas di bawah ini :
  • 1 kg kentang dikupas
  • 1 batang daun bawang, gunakan daunnya saja diiris tipis
  • 5 lembar daun jeruk diiris tipis
  • 2 cm lengkuas diiris tipis
  • 1 sdt garam
  • 3 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 2 sdm minyak untuk menumis bumbu dan secukupnya minyak untuk menggoreng
Bumbu halus :
  • 3 butir kemiri
  • 10 buah cabe rawit keriting merah
  • 6 buah cabe merah besar
  • 2 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
Resep Membuat Kering Kentang Mustofa Pedas
Mustofa pedas by resepmasakankreatif.blogspot.com
CARA MEMBUAT KERING KENTANG PEDAS :
  1. Proses dan cara membuatnya tidak berbeda dengan cara merendam dan menggoreng kentang mustofa pada resep pertama di atas.
  2. Selanjutnya kita menumis bumbu halus dengan 2 sdm minyak panas hingga harum. Masukkan daun bawang, daun jeruk dan lengkuas, aduk-aduk beri garam, gula pasir dan kaldu bubuk.
  3. Aduk-aduk rata menggunakan api kecil supaya bumbu tidak menggumpal. Setelah bumbu matang, masukkan potongan kentang yang sudah digoreng sedikit demi sedikit.
  4. Setelah masuk semua aduk terus hingga rata dan kering, matikan api tetapi terus menerus diaduk-aduk hingga wajan penggorengan mulai dingin dan kentang benar-benar sudah renyah.
Banyak cara membuat kentang mustofa renyah dan tetap renyah kriuk bahkan dengan kaya bakan bumbu, cara mudah dan sederhana bisa dilihat videonya di atas.
Thanks for like n share :

Subscribe to receive free email updates: