RESEP APEM SELONG EMPUK DAN LEMBUT

Resep Cara Membuat Apem Selong Empuk Lembut
RESEP APEM SELONG ENAK LEMBUT
Kue basah tradisional ini sering disebut dengan apem selong, renda atau ceylon. Kue ini terbuat dari olahan tepung beras dengan tekstur empuk dan lembut serta berserat dan berpori di dalam dengan pinggiran yang crispy, air kelapa biasa digunakan sebagai campuran bahan untuk menambah aroma tetapi tanpa air kelapa muda juga sudah sangat enak.

Cara membuatnya lebih mudah dengan wajan anti lengket, bisa menggunakan wajan cekung atau cetakan serabi untuk lebih praktis dan hasil yang lebih konsisten seperti serabi solo. Wajan cekung sebenarnya lumayan memakan waktu karena dimasak satu per satu dan tetesan uap airnya cukup merusak penampilan, tetapi dari sisi rasa tentunya tetap enak dan bisa menjadi kudapan yang cukup diandalkan apalagi dilengkapi dengan aneka topping supaya kaya cita rasa dan lebih istimewa.

Bahan :
  • 1 sendok makan tepung terigu
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 5 gram ragi instan
  • 50 ml air
  • 250 gram tepung beras
  • 125 gram gula pasir
  • 1 butir telur
  • 500 ml santan dari 200 ml santan kara
Cara Membuat Kue Apem Selong
CARA MEMBUAT APEM SELONG EMPUK DAN LEMBUT :
  1. Campur tepung terigu, 1 sdm gula pasir, ragi dan air lalu aduk rata. Diamkan sekitar 5 menit untuk adonan biang.
  2. Campur tepung beras, gula pasir dan telur serta adonan biang dan sedikit santan. Uleni dengan tangan supaya rata dan gula menjadi larut kemudian tuang sisa santan. Aduk hingga rata rata lalu diamkan adonan selama 60 menit.
  3. Panaskan wajan cekung anti lengket di atas api kecil, tuang 1 sendok sayur adonan dan langsung tekan adonan dengan sendok sayur tersebut sambil sedikit digoyang memutar sebelum adonan mulai mengental. Supaya pinggiran kuenya bisa lebih rata, lebar dan tebal sebaiknya jangan ragu untuk menekannya nanti hasilnya seperti gambar percobaan pertama di atas yang masih tipis karena penuh keraguan.
  4. Tutup wajan dan masak hingga matang sekitar 4 menitan, buka tutup dan angkat. Lengkapi penyajiannya dengan aneka topping, seperti kombinasi keju parut, susu kental manis, coklat meses, rasa strawberry, blueberry, coklat dan lainnya untuk menambah kelezatannya.
Thanks for like n share :

Subscribe to receive free email updates: