Resep Kue Pukis Sederhana Enak Empuk dan Lembut

Resep Kue Pukis Sederhana Enak Empuk dan Lembut : Merupakan cara mudah dengan adonan dasar sederhana untuk membuat kue pukis yang bertekstur empuk dan lembut. Kue bercita rasa istimewa ini merupakan salah satu ragam kue basah jajanan pasar tradisonal Indonesia yang biasa dijual dengan topping keju dan coklat meses hingga kismis.
Resep Kue Pukis Sederhana Enak Empuk Dan Lembut
Beberapa daerah sangat populer dengan khas kue pukis istimewanya, sebut saja di antaranya adalah kue pukis Banyumas dan Bangka. Kue dengan ciri khas berwarna kecoklatan serta berbentuk setengah lingkaran ini sangat mudah untuk dikenali walaupun bisa dikreasikan dengan bentuk bulat atau lainnya.

Cara membuat kue pukis yang enak serta bertekstur empuk mengembang dan lembut bisa mengikuti resep adonan kue pukis sederhana yang kebetulan sudah dibagikan di bawah ini.

Resep Membuat Kue Pukis Lembut :

Kue pukis juga selalu dihiasi dengan kreasi aneka topping sebagai pelengkap cita rasanya, tak hanya coklat meses dan keju. Bermacam topping lainnya bisa kita variasikan seperti potongan pisang yang membuatnya kian spesial.

Bahan-bahan :
  • 2 butir telur
  • 125 gram gula pasir
  • 125 gram tepung terigu segitiga biru
  • 1/2 sdt ragi instan
  • 150 ml santan dari 1 bungkus (65 ml) santan instan kara
  • margarin atau mentega untuk mengoles cetakan
  • 35 gram keju cheddar parut
  • 2 buah pisang raja sereh (cere) atau sesuai selera
  • coklat meses secukupnya

Cara Membuat Kue Pukis Lembut :

  1. Langkah pertama didihkan santan terlebih dahulu lalu sisihkan. Sementara itu, tepung terigu dan ragi instan dicampur rata.
  2. Selanjutnya kocok telur dan gula pasir hingga mengembang dan halus dengan menggunakan mixer kecepatan tinggi. Setelah mengembang, turunkan kecepatan menjadi sedang.
  3. Masukkan campuran terigu sedikit demi sedikit supaya benar-benar merata lalu tuang santan sambil diaduk hingga rata. Matikan mixer, diamkan adonan selama 30 menit terlebih dahulu baru kemudian masukkan keju parut dan aduk rata.
  4. Panaskan cetakan kue pukis lalu olesi tipis dengan margarin. Tuang adonan dalam cetakan tidak perlu sampai penuh karena nanti akan mengembang. Tutup cetakan dan masak sebentar hingga setengah matang, taburi dengan topping coklat meses dan sebagian dengan potongan pisang. Tutup kembali dan masak hingga matang dan bagian bawahnya berwarna kecoklatan lalu angkat kue pukis dan siap untuk disajikan.
Thanks for like n share :

Subscribe to receive free email updates: