Resep Sambal Matah Kecombrang Bali, Aroma dan Rasa yang Luar Biasa

Selain sereh atau serai, resep sambal matah kecombrang khas Bali, baik bunga (kecicang) atau batang muda (bongkot) benar-benar memberikan aroma harum semerbak bercita rasa asli yang enak luar biasa. Sederhana dan praktis, tak berbeda dengan cara membuat sambal matah pada umumnya, hanya menambahkan kecombrang atau disebut juga honje bagi masyarakat Sunda ini.
Cara Membuat Sambal Matah Kecombrang Resep Khas Bali
Kecombrang banyak ditemui di berbagai daerah Indonesia, hanya saja penyebutannya yang berbeda-beda, seperti kantan, kicung, sambuang, dan banyak lagi. Tak hanya buah kecombrang, namun bunga kuncup hingga batang muda pun biasa diolah menjadi bahan dan bumbu berbagai masakan tradisional nusantara, salah satunya adalah sebagai bahan sambal yang sangat favorit.

Bahan sambal kecombrang :

  • 1 helai kecombrang (kuncup bunga, batang muda atau kombinasinya)
  • 10 butir bawang merah (ukuran sedang), iris tipis
  • 8 buah cabe rawit merah, iris tipis
  • 4 lembar daun jeruk (ukuran kecil), buang batang lalu iris tipis
  • Garam secukupnya
  • ½ sdt terasi
  • Minyak kelapa secukupnya lalu panaskan
  • Jeruk limo atau alternatif pakai jeruk nipis

Cara membuat sambal matah kecombrang :

  1. Gunakan kuncup bunga dan sebagian batang mudanya, buang kulit atau lapisan luarnya lalu iris-iris tipis. Beri garam lalu aduk-aduk atau remas-remas, rendam dengan air secukupnya lalu tiriskan.
  2. Campurkan irisan kecombrang, bawang merah, cabe merah, dan daun jeruk, kemudian siramkan minyak panas pada campuran bahan sambal tadi. Aduk rata selanjutnya masukkan terasi, secukupnya garam, dan air perasan jeruk limo.
  3. Terakhir aduk-aduk atau remas-remas hingga tercampur rata, sambal matah kecombrang siap disajikan.
Jika belum mengenal kecombrang, bisa saksikan video praktek resep cara membuat sambal matah kecombrang di bawah ini :
Sambal matah kecombrang serba cocok disajikan dengan aneka menu lainnya, dari tahu tempe goreng, ayam dan ikan goreng maupun bakar, bahkan tetap menjadi istimewa walaupun hanya bersama nasi putih.
Thanks for like n share :

Subscribe to receive free email updates: