Resep Pisang Kepok Karamel Keju Goreng Kulit Lumpia

Resep Pisang Kepok Karamel Keju
Satu cara mudah dan praktis dari olahan pisang kepok matang yang enak adalah dibuat pisang gulung karamel keju. Balutan kulit lumpia membuat pisang karamel menjadi renyah kriuk crispy setelah digoreng. Berikut resep pisang kepok karamel keju goreng kulit lumpia, di Bandung menu jajanan ini sering disebut pisang aroma yang juga bisa diberi aneka rasa isi.

Pisang karamel keju merupakan varian selain pisang karamel isi coklat yang dikenal dengan piscok atau pisang coklat atau bisa juga dikombinasikan. Bahkan pernah menemukan varian isi lainnya, seperti nangka, blueberry, strawberry, kacang hijau dsb.

Rasanya yang enak manis dan gurih menjadikan pisang goreng kulit lumpia ini sebagai salah satu aneka menu untuk jualan yang sangat diminati pembeli, sebagai cemilan pengganjal perut maupun santapan di pagi hari.

Resep Membuat Pisang Karamel :

Pisang kepok merupakan jenis pisang yang enak diolah menjadi pisang karamel, namun kita juga dapat menggunakan bermacam-macam jenis pisang lainnya. Bahannya sederhana serta mudah cara membuatnya, berikut persiapan bahan-bahan yang diperlukan.

Bahan-bahan :
  • 5 buah pisang kepok, kupas kulit pisang kemudian belah menjadi 4 bagian memanjang
  • 20 lembar kulit lumpia
  • 30 gram gula pasir
  • 50 gram gula pasir dan 60 ml air untuk topping karamel
  • 1 sdm tepung terigu, larutkan dengan sedikit air
  • 75 gram keju cheddar, parut
  • Minyak goreng seperlunya
Bahan-bahan Pisang Karamel

Cara Membuat Pisang Karamel :

Setelah mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan di atas, selanjutnya kita mulai proses atau tahapan pembuatannya.
Cara Membuat Pisang Kepok Karamel Keju
  1. Ambil selembar kulit lumpia, letakkan sepotong pisang lalu taburi gula pasir secukupnya serta taburkan juga keju parut.
  2. Gulung kulit lumpia dan oleskan bagian ujungnya dengan larutan terigu agar menempel lalu rekatkan.
  3. Lakukan hal serupa terhadap semua bahan hingga selesai.
  4. Panaskan minyak secukupnya dalam wajan, kemudian goreng hingga berwarna kuning keemasan, angkat dan tiriskan.

Cara Membuat Topping Saus Karamel :

Rasa manis gula karamel dari gula pasir sebenarnya juga sudah terdapat di dalam isinya, namun saus karamel sebagai topping juga bisa ditambahkan sehingga terasa lebih enak dinikmati. Cara dan tips membuat saus karamel agar enak yang mudah dan sederhana bisa mengikuti petunjuk berikut ini.
Cara Membuat Pisang Karamel
1. Cara membuat karamel : Masukkan 50 gram gula pasir dalam wajan, lalu nyalakan api kecil dan tunggu hingga gula hampir mencair, sambil goyang-goyangkan wajan agar cairnya merata.
Cara Memasak Karamel
2. Tuang 60 ml air dan aduk rata, kemudian tunggu hingga mendidih. Setelah itu diaduk sesekali sampai menjadi berwarna kecoklatan atau menjadi karamel.
Cara Membuat Saus Karamel
3. Hati-hati selama memasak, semakin lama dimasak warnanya bertambah gelap dan akan beresiko menjadi pahit apalagi jika gosong. Terakhir sajikan pisang kepok karamel keju dengan siraman saus gula karamel sebagai toppingnya.
Thanks for like n share :

Subscribe to receive free email updates: