Resep Es Gabus Busa Tepung Hunkwe Pakai Santan

Sering disebut juga Es Busa, Es Roti, Es Kue, Es Lapis Pelangi atau Es Hunkwe, resep es gabus merupakan varian jajanan warung atau untuk jualan sekolah yang populer di masanya, bahkan rasa dan teksturnya yang khas membuat es gabus masih diminati hingga sekarang.
Resep Es Gabus Busa Hunkwe Kue Lapis Pelangi
Olahan dari tepung hunkwe ini rasanya memang sangat enak dan segar, sepintas keras karena es beku tetapi lembut dan empuk atau bertektur seperti gabus atau busa saat digigit. Berapa lapisnya bisa kita modifikasi dengan aneka rasa pada masing-masing warna agar semakin memikat, bahkan bisa disesuaikan dengan warna pelangi, sehingga untuk dijual pun bisa diandalkan.

Cara membuat es gabus memang cukup mudah dibuat sendiri di rumah, tetapi sensasinya sangat dapat memuaskan penikmatnya. Bentuk dan tekstur serta lapisan warna-warninya seperti kue lapis sebelum dibekukan, tetapi setelah dibekukan empuk dan krenyesnya biasa juga disebut sebagai es lapis pelangi karena tampilan aneka warnanya yang menarik dan berlapis.

Selain variasi warna, es busa gabus juga biasa diolah dengan aneka rasa lainnya, seperti coklat, es gabus susu, pandan, variasi buah, mutiara maupun kacang hijau dan lain sebagainya. Jajanan es ini sering dipasangan dengan es mambo atau es lilin, salah satunya bisa dilihat pada es mambo coklat.

Resep Bahan Es Gabus

  • 150 gram tepung hunkwe
  • 250 gram gula pasir
  • 1200 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm pasta mangga atau sesuai selera
Cara Membuat Es Gabus (Es Busa)

Resep Cara Membuat Es Gabus

  1. Pertama-tama kita bagi terlebih dahulu bahan-bahan es gabus menjadi 2 bagian, atau bisa disesuaikan dengan berapa lapisan yang diinginkan. Untuk masing-masing lapisan, siapkan mangkuk atau wadah lalu campur dan aduk rata tepung hunkwe beserta sedikit saja santan sekedar untuk melarutkan.
  2. Sementara itu setelah bahan dibagi, kita awali dengan lapisan pertama. Panaskan santan, gula dan garam untuk warna putih (tambahkan pasta atau pewarna kue untuk warna lainnya) sambil diaduk rata hingga mendidih, baru kemudian masukkan larutan hunkwe tadi. Aduk terus hingga mengental, lalu matikan api dan tuang adonan ke dalam loyang serta ratakan.
  3. Lanjutkan membuat lapisan berikutnya dengan cara yang sama, kemudian tuang ke loyang di atas adonan pertama serta ratakan. Diamkan adonan hingga dingin terlebih dahulu, setelah cukup dingin keluarkan dari loyang dan potong-potong.
  4. Bungkus dengan palstik dan lipat, simpan dalam freezer semalam atau hingga beku dan mengeras. Es gabus atau es busa telah siap untuk disantap dingin.
Thanks for like n share :

Subscribe to receive free email updates: