RESEP PIE SUSU BALI ENAK SEDERHANA DAN PRAKTIS

Reseo dan Cara Membuat Pie Susu Bali
RESEP PIE SUSU
Kue yang dikenal juga dengan egg tart sebagai istilah asingnya bisa dibuat dengan cara sederhana praktis dan simple tetapi menghasilkan kue berukuran mini yang enak untuk disantap. Cara membuat pie susu juga merupakan salah satu oleh-oleh yang khas Bali yang populer. Agar lebih menarik diberi topping parutan keju atau coklat meses sehingga anak-anak langsung mendekat ingin mencicipi dan bikin ketagihan.

Bahan-bahan :
  • 500 gram tepung terigu segitiga
  • 1 butir telur ayam kampung
  • 250 gram margarin
  • 1 sdt garam
  • 6 butir kuning telur ayam kampung
  • 1 kaleng susu kental manis putih
  • 1/2 kaleng susu atau kurang lebih 200 ml air
CARA MEMBUAT PIE SUSU :
  1. Siapkan sebua wadah, campurkan terigu, garam dan magarin. Aduk dan uleni dengan tangan, setelah merata masukkan 1 butir telur. Uleni lagi dengan tangan sampai benar-benar rata dan kalis lalu diamkan adonan kulit ini beberapa saat.
  2. Dalam wadah terpisah, campurkan 6 butir kuning telur dengan susu kental manis dan air. Aduk dengan mixer ukuran sedang supaya tidak berbuih sampai tercampur rata lalu saring dan pindahkan dalam wadah yang baru untuk adonan isi.
  3. Siapkan cetakan kue pie sesuai selera, ambil adonan kulit lalu ratakan pada semua permukaan seluruh cetakan dengan jari dan sebaiknya jangan terlalu tebal. Tuang adonan isi ke dalamnya tetapi tidak terlalu penuh.
  4. Panggang dalam oven hingga matang, biarkan dingin lalu keluarkan kue pai. Karena berukuran mini, dengan dicongkel sedikit menggunakan jarum akan sangat mudah dilepas dari cetakan. Lama pemanggangan kurang lebih 45 menit bersuhu 175°C atau tergantung suhu dan jenis oven, bila menggunakan oven biasa memerlukan waktu hingga 60 menit dengan api kecil. Tandanya sudah matang adalah sudah berubah warna, tidak lembek dan tidak mudah pecah.
Thanks for like n share :

Subscribe to receive free email updates: