CARA MEMBUAT KULIT LUMPIA

Oleh Risne Oktaviani
Kulit lumpia merupakan bahan pembungkus dari berbagai macam jenis makanan. Kita sangat mengenal lumpia basah dan lumpia kering yang perbedaannya hanya digoreng atau tidak, selain itu kulit lumpia juga digunakan sebagai pembungkus dalam beragam jenis makanan lainnya.
Bahan dasar membuat kulit lumpia umumnya menggunakan tepung, air, garam, sedikit garam dan telur. selain pengulenan yang harus sempurna juga terdapat berbagai cara, baik penambahan bahan lain maupun tips dan trik dalam pembuatnnya agar menghasilkan kulit lumpia yang bagus. Kulit lumpia yang baik menurut pendapat pada umumnya adalah berbentuk tipis, mulus, garing dan gurih atau renyah, tentunya berasa enak.
Jika menyukai kulit yang tipis cukup mengoleskan adonan dengan kuas sekali saja pada wajan, jika ingin lebih tebal oleskan berkali-kali. Hasil yang tipis akan liat setelah dingin, sedangkan yang tebal lebih bertahan kerenyahannya.
Untuk menghasilkan kulit yang lebih putih, dapat dilakukan dengan cara mengoleskan minyak pada wajan saat pertama kali akan digunakan. Yaitu dengan mengoleskan gumpalan kain pada minyak lalu lapkan pada permukaan wajan. Kulit lumpia memang akan lebih sulit mengelupas tetapi dapat menghasilkan kulit yang lebih renyah. Anda dapat menggunakan telur bebek untuk hasil yang lebih baik, buang bagian mata yang ada di kuning telur agar tidak anyir.
Kulit lumpia sebaiknya ditaruh di atas daun pisang dan selalu ditutupi daun pisang. Bila akan disimpan dalam waktu yang lama, bungkus kulit lumpia yang sudah dibungkus daun dalam kantung plastik. Simpan dalam lemari pendingin dan saat digunakan sebaiknya suhu kulit lumpia sama dengan suhu ruang.


RESEP KULIT LUMPIA

Bahan:
  • 200 gram tepung terigu cakra Kembar
  • 1 sdt garam
  • 150 ml putih telur ayam
  • 200 ml air
  • 2 sdm minyak sayur untuk olesan
CARA MEMBUAT KULIT LUMPIA :
  1. Campurkan tepung terigu dengan garam hingga rata. Masukkan putih telur, aduk-aduk dengan tangan hingga rata lalu tuang sebagian air secara bertahap sambil diuleni terus dan gunakan telapak tangan untuk mengangkat atau membanting adonan. Kemudian tuang sisa air, uleni lagi selama 15 menit lalu diamkan hingga 40 menit.
  2. Panaskan wajan antilengket di atas api kecil, olesi dengan sedikit minyak. Celupkan kuas kue yang lebar dalam adonan lalu olesi pada wajan dengan rata.
  3. Panaskan hingga bagian pinggirnya mengelupas lalu angkat dan lakukan hinggga adonan habis. Lapisi tiap lembar adonan dengan sepotong daun pisang agar tidak lengket. Hasil untuk 32 lembar.
Berikut cara yang bisa digunakan jika menemukan kulit lumpia yang terlepas saat proses dimasak :
  • Gunakan putih telur, campur dengan 1 sdm air lalu kocok hingga rata. Oleskan pada kulit lumpia dengan menggunakan kuas kue terutama pada sepanjang bagian luar kulit yang akan direkatkan lalu tekan perlahan.
  • Diamkan hingga 15 menit agar lem putih telur merekat lebih kuat. Saat menggoreng, cukup sekali saja membalik kulit lumpia. Jika bagian bawah sudah menguning lalu balikkan.
20:48
 

Copyright © 2012 Aneka Resep Masakan Indonesia | Design by Kenga Ads-template | Powered by Blogger